Pages

Thursday, July 4, 2013

Resep: Tuna Cabe Merah

Tuna Cabe Merah

Saya suka banget sama menu yang satu ini. Setiap ke rumah makan dimana aja, klo ada menu ini, pasti saya pilih menu ini. Saya suka sekali sama rasa pedas dari cabe merah yang berpadu dengan kripiknya ikan tuna, wuahh.. maknyoss sekali!

Karena melihat saya suka sekali dengan menu ini, mami saya pun menyuruh saya mencoba membuatnya sendiri di rumah. Beberapa kali saya coba, tapi selalu gagal. Rasanya enak sih, tapi ikannya ga bisa garing, ga kemripik gitu. Padahal kan saya suka sensasi kemripik nya >.<
Saya pun jadi agak trauma untuk membuat masakkan ini karena beberapa kali coba buat selalu gagal. Dan sudah laamaaaaa saya tidak pernah mencoba membuatnya lagi.
Tapi kemarin mami menyuruh saya mencoba membuatnya lagi. Bangun tidur saya menemukan ikan tuna di dapur. Siapa yang beli? Jelas mami. Dan biasanya klo udah dibeliin gitu, itu artinya saya harus memasaknya, klo ga diomelin hihi
Ya sudah, dengan tekad bulat dan banyak-banyak berdoa, saya pun mulai memasak..



Bahan Rendaman Ikan

- 1 ekor ikan tuna, potong-potong
- bawang putih 5 buah
- kemiri 1 buah
- kunyit 1 ruas
- garam kasar (pakai garam kasar ya, jangan garam meja. Garam kasar lebih asin dan membantu menghancurkan bahan-bahan yang lain saat mengulek, jadi saat mengulek bisa lebih cepat halus, biar ga capek gitu.. hehe)
- air

Bahan Cabe Merah

- bawang merah 5 buah
- bawang putih 4 buah
- cabe merah besar 4 buah
- cabe merah keriting 7 buah
- gula jawa secuil
- tomat ½ buah
- terasi secuil
- minyak untuk menumis
- air
- garam kasar 1 sdt
- gula pasir ¼ sdt

Cara Memasak

- haluskan semua bahan di bahan rendaman ikan (kecuali ikannya lho yaa :p)
- beri sedikit air
- rendam ikan dalam bumbu, diamkan selama ± 30 menit
- goreng ikan sampai matang dan kecoklatan (klo saya karena suka yang kripik banget, saya lama goreng ikannya, sampe bener-bener kering) lalu sisihkan
- ulek kasar semua bahan yang ada di bahan cabe merah.
- tumis bumbu tadi, beri sedikit air dan gula pasir
- cicip, klo kurang asin, boleh ditambah garam meja sesuai selera
- masak sampai air habis
- matikan kompor, masukkan tuna goreng, aduk-aduk sebentar, angkat
- sajikan


Hasilnya bagaimana?
Berhasil saudara-saudara! Ternyata kunci biar ikan tuna nya tetap kemripik adalah, campur ikan dengan bumbu cabe sebentar saja. Klo kelamaan, nanti ikan jadi basah dan lembek terkena air dan minyak dari bumbu cabe nya.
Lha klo gitu berarti bumbunya ga meresap dong, dan ikannya jadi ga ada rasanya? Jangan takut bumbu tidak meresap dan ikan ga ada rasanya/hambar rasanya, karena kan ikan tadi sudah dibumbuin dulu sebelum digoreng, jadi ikannya udah ada rasanya.
Gimana, tertarik pengen ikutan buat?
Bisa dicoba buat menu sahur/berbuka puasa besok lhoo hihi




3 comments:

  1. Wah...masakin aku ini, Puutttt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha.. gampang kok ini bikinnya ses..
      Ayo.. bikin buat mas pacar hihihi

      Delete
  2. Udah nyoba..maknyusss....thanks Putri! numpang share resepnya ya....

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...